Publikasi Pengabdian 2018

Pengabdian Masyarakat dr. Ahmad Syauqy. M. Biomed dan dr. Amelia Dwi Fitri, M. Med, Ed Dalam Pemeriksaan Kadar Kolesterol Masyarakat di Taman Jomlo

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat FKIK UNJA yang diketuai oleh dr. Ahmad Syauqy. M. Biomed dengan anggota dr. Amelia Dwi Fitri, M. Med, Ed yang dibantu oleh beberapa dosen (dr. Erny Kusdiyah, M. Kes dan dr. Asro Hayani Harahap) dan mahasiswa serta bermitra dengan RS Mitra Kota Jambi, melakukan kegiatan “ Pemeriksaan kadar kolesterol pada masyarakat umum yang berkunjung ke Taman Jomblo Kota Jambi sebagai skrining awal hiperkolesterolemia”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari minggu tanggal 9 September 2018 yang bertepatan dengan car free day. Kegiatan ini mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat dimana masyarakat banyak yang mengantri untuk ikut serta dalam pemeriksaan tekanan darah dan kadar kolesterol secara gratis. Selain itu, masyarakat juga dapat berkonsultasi dan mendapat edukasi secara langsung dari tim pengabdian serta juga mendapat pengobatan jika terdapat kelainan dalam hasil pemeriksaan. Total jumlah masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan ini adalah 105 orang. Berikut beberapa dokumentasi kegiatannya:

Banner dan persiapan sebelum pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat

Antrian pendaftaran dari masyarakat yang ikut serta dalam Pemeriksaan

Pemeriksaan kadar kolesterol

Pengabdian Masyarakat Dr.dr. Herlambang, SpOG, dr. Erny Kusdiyah, M.Kes dan dr. Mirna Iskandar, SpS tentang Peningkatan Pengetahuan Wanita Tentang Kanker Serviks dan Pemeriksaan Pap Smear Sebagai Skrining Awal

Tim Pengabdian Masyakat FKIK UNJA yang diketuai oleh Dr.dr. Herlambang, SpOG, KFM dengan Anggota dr. Erny Kusdiyah, M.Kes dan dr. Mirna Iskandar, SpS yang dibantu oleh beberapa dosen (dr. Amelia Dwi Fitri, M.Med.Ed dan dr. Asro Hayani Harahap) dan bekerjasama dengan Laboratorium PRODIA, Tim melakukan kegiatan tentang “Peningkatan pengetahuan Wanita Tentang Kanker Serviks dan Pemeriksaan Pap Smear sebagai Skrining Awal”. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Mei tahun 2018 di Aula Dharma Wanita Departemen Agama Provinsi Jambi. Selain pemberian materi peserta juga dilakukan pemeriksaan Pap Smear. Selain itu, peserta bisa konsultasi dan mendapatkan edukasi secara langsung oleh Tim pengabdian Masyarakat. Total peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 50 peserta. Berikut beberapa dokumentasi kegiatan :

Pembukaan Acara

Pemaparan Materi

Diskusi Materi

Pengabdian Masyarakat dr. Armaidi Darmawan, M. Epid dan Tim

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diselenggarakan di puskesmas simpang kawat kota jambi pada tanggal 5 juli 2018 dengan tema skrining toxoplasmosis dengan igG rapid test. Kegiatan diikuti oleh 41 peserta dgn harapan dapat menjaring masyarakat dengan toxoplasmosis tanpa gejala. Adapun yang terlibat dalam kegiatan ini adalah dr.Armaidi Darmawan, M. Epid sebagai ketua tim, dr. Maria M.Si. Med, dr Hanina, M. Biomed, dr. Wahyu Aurora Tasman, dr. Hj Raodah dan beberapa anggota BEM FKIK UNJA. berikut beberapa dokumentasi kegiatannya: