Struktur Organisasi FKIK

Dibuat pada Rabu, 02 Maret 2016 Ditulis oleh Admin

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.154/O/2004 tentang Statuta Unja , dalam pasal 69 ayat (1) disebutkan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan dipimpin oleh seorang Dekan yang bertugas memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, membina tenaga kependidikan, mahasiswa, tenaga administrasi dan administrasi Oleh karena itu tanggung jawab penyelenggara FKIK UNJA pada dasarnya dikelola oleh Dekan, akan tetapi dalam pelaksanaan tugas Dekan dibantu oleh tiga orang wakil dekan yaitu pertama Wakil Dekan bidang Akademik, Kerjasama dan Sistem Informasi (WD BAKSI ) yang mempunyai tugas dan fungsi membantu Dekan dalam penyelenggaran pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, termasuk kerjasama dan sistem informasi, kedua adalah Wakil Dekan Bidang Umum, Perencanaan dan Keuangan (WD BUPK ) yang membantu Dekan dalam perencanaan, kepegawaian dan keuangan dan ketiga adalah Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WD WD BKA) yang membantu Dekan untuk program kemahasiswaan dan hubungan alumni.

Dalam melaksanakan tugasnya dekan  dibantu oleh beberapa unit yang berada di bawah dekan dan memiliki garis koordinasi dengan wakil dekan.  Masing-masing unit beranggotakan perwakilan masing-masing program studi sehingga dapat merangkul akreditasi dari semua program studi.  Unit-unit tersebut antara lain :

  1. Unit kerja Clinical Rotation Team (CRT)

Unit ini merupakan unit yang bertugas dalam hal pengaturan rotasi pada mahasiswa tahap profesi dokter dan ners, dalam pelaksanaan tugasnya unit ini berkoordinasi dengan ketua prodi kedokteran, ketua prodi keperawatan dan bakordik Rumah Sakit Pendididikan RSUD Raden Mattaher. Pertemuan rutin diadakan untuk membahas mengenai alur rotasi, mulai dari waktu pelaksanan, kuota yang masuk dalam setiap bagian di Rumah Sakit, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Unit ini berkoordinasi dengan WD BAKSI untuk kemudian WD BAKSI melaporkan ke dekan.

  1. Unit kerja Asesmen

Unit ini merupakan unit yang mengelola basis data nilai semua program studi di FKIK UNJA. Oleh karena itu unit ini juga terdiri dari perwakilan dosen setiap program studi dan dibantu tenaga kependidikan. Tugas unit ini adalah menginventarisasi dokumen fisik nilai mahasiswa yang  dilaporkan dari semua program studi dan juga bertanggung jawab untuk menginput nilai dalam data daring Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Universitas. Unit ini dibentuk dengan prinsip dasar untuk menjaga akuntabilitas dan transparansi nilai, proses input nilai dan perbaikan nilai semua terdokumentasi lewat unit ini, sehingga dapat mencegah kemungkinan kecurangan atau perubahan nilai diluar prosedur oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Nilai yang sudah ada dalam data SIAKAD dapat diakses dan dilihat oleh mahasiswa secara daring.  

Unit ini berkoordinasi dengan program studi dalam hal  memverifikasi data kartu hasil studi (KHS) mahasiswa yang akan dilegalisir di tingkat fakultas untuk berbagai kepentingan seperti prasyarat pengurusan beasiswa mahasiswa, dasar pengurusan kartu rencana studi (KRS) mahasiswa dan kepentingan lainnya. Hal ini menjamin nilai yang dikeluarkan valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Unit ini melaporkan hasil kegiatan ke dekan melalui WD BAKSI.

  1. Unit kerja Penelitian dan Pengabdian masyarakat (UP2M)

Unit ini bertugas mengatur segala sesuatu terkait  skripsi mahasiwa, kegiatan yang dilakukan adalah menyusun panduan skripsi yang akan diberikan kepada pembimbing dan mahasiswa dalam mengerjakan skripsi.  tim dalam unit ini juga mengadakan rapat koordinasi bersama ketua program studi untuk menentukan pembimbing dan penguji skripsi mahasiswa,nama-nama yang telah ditetapkan akan dilaporkan ke WD BAKSI untuk selanjutnya dilaporka WD BAKSI ke dekan untuk dibuatkan SK dekan tentang penetapan nama-nama pembimbing dan penguji skripsi mahasiswa. Unit ini juga bertugas menginventarisasi data penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen di lingkungan FKIK UNJA.

  1. Unit Kerja Bimbingan dan Konseling Mahasiswa (UBKM)

Unit kerja ini merupakan unit yang dibentuk untuk memfasilitasi permasalahan yang dialami oleh mahasiswa, misalnya mahasiswa yang melakukan pelanggaran akademik seperti mencontek, mahasiswa yang melakukan pemalsuan tanda tangan pejabat di lingkungan FKIK UNJA, mahasiswa yang mengalami permasalahan emosional seperti depresi, dan masalah lainnya. Permasalahan diakomodir baik dari laporan pengelola program studi, dosen, mahasiswa (mahasiswa itu sendiri atau teman). Berdasarkan laporan tersebut, tim UBKM akan melakukan pemanggilan ke mahasiswa tersebut untuk diberikan bimbingan dan konseling. Dengan cara ini diharapkan permasalahan yang terjadi dapat diselesaikan dengan cara yang baik dan mahasiswa dapat melanjutkan pendidikan dengan optimal.

  1. Unit kerja penjaminan mutu (UPM)

Unit ini bertanggung jawab dalam penjaminan mutu fakultas. Kegiatan yang dilakukan adalah pemantauan secara kontinu terkait dokumen mutu, monitoring POS dan umpan balik baik dosen maupun mahasiswa.

  1. Unit Kerja Publikasi dan Penerbit

Unit ini bertugas mengatur terbitnya jurnal FKIK UNJA, saat ini FKIK UNJA memiliki jurnal yang telah mendapat ISSN dan sedang dalam proses menuju jurnal terakreditasi.

  1.  Unit riset

 Unit ini bertugas untuk merencanakan pengembangan FKIK UNJA terkait kegiatan penelitian dosen, seperti membina kerjasama dengan instansi lain. Saat ini FKIK UNJA telah memiliki kerjasama dengan Lembaga Eikjman dan telah melakukan penelitian bersama. Selain itu, unit ini juga melakukan  kajian etik pada peneltian yang dilakukan oleh dosen. Tim terdiri dari perwakilan setiap program studi yang akan melakukan rapat koordinasi bersama WD BAKSI untuk membahas kelaikan penelitian dosen yang memerlukan kaji etik.

  1. Unit Information Communication and Technologi (ICT)

Unit ini merupakan unit yang bertugas melakukan koordinasi dengan pengeloa SIAKAD Universitas dalam hal data akademik terkait kurikulum , data mahasiswa, dosen dan tenaga pendidikan. Unit ini juga membantu dekan dalam pengelolaan website FKIK UNJA dan pengelolaan kegiatan Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter (UKMPPD) pada program studi kedokteran.

  1. Pengelola laboratorium

Pengelola laboratorium terdiri dari dua bagian yaitu laboratorium biomedik dan laboratorium keterampilan klinik. Pengelola laboratorium biomedik bertugas mengatur kegiatan praktikum ilmu kedokteran dasar di program studi kedokteran dan keperawatan, seperti laboratorium Anatomi, Histologi, Biokimia, fisiologi, patologi klinik, mikrobiologi dan lainn. Sementara pengelola laboratorium keterampilan klinik bertugas mengatur kegiatan keterampilan klinik pada blok program studi kedokteran dan program studi keperawatan.

(c)2013.
By: Joomla Free Templates