f t g m
Copyright © 2017 Home - Create A Joomla Site - Custom text here

Sarana dan Prasarana

Sarana dan Prasarana

Adapun sarana dan prasarana yang dimiliki FKIK UNJA antara lain berupa lahan kampus seluas lebih kurang 3,5 hektar yang merupakan hibah dengan status pinjam pakai dari Pemerintah Daerah Provinsi Jambi dengan fasilitas gedung kantor dan ruang kuliah yang memadai. Ruang kelas, ruang tutorial dan laboratorium yang nyaman tersedia dalam jumlah yang cukup di kampus FKIKD UNJA, dengan dilengkapi sarana penunjang modern termasuk akses ke internet.

Lokasi PSPD UNJA berdampingan dengan rumah sakit pendidikan RSU Raden Mattaher milik Pemda Jambi. Secara keseluruhan antara FKIK UNJA dan RSU Raden Mattaher merupakan satu komplek besar, dimana FKIK UNJA sebagai pusat pendidikan kedokteran dan RSU Raden Matthaher dijadikan sebagai rumah sakit pendidikan (Rumah Sakit Kualifikasi B Pendidikan) disamping fungsi utamanya sebagai rumah sakit umum daerah. Fisik Bangunan FKIK UNJA merupakan hibah dari pemerintah Provinsi Jambi pada tanggal 10 November 2005 berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jambi Nomor: 593/861/BP/2005 tentang Penggunaan Gedung Eks. SLB untuk FKIK UNJA. Jumlah ruangan, luas bangunan, dan luas tanah seluruhnya dapat dilihat pada Tabel 5.

Tabel 5. Jumlah ruangan, luas bangunan, dan luas tanah FKIK UNJA

Ruangan

Jumlah

Luas (m2)

Ruang Pimpinan

2

98

Ruang Pengelola

1

64

Ruang Tata Usaha

1

64

Ruang Rapat

1

64

Ruang Perpustakaan

1

50

Ruang Lab/Praktikum

3

240

Ruang Kuliah

11

887

Mushola

1

49

Kantin

1

56

Dapur

1

25

Gudang

1

50

WC

4

48

Luas bangunan

1.695

Luas tanah

23.542

       

    Untuk menunjang pelaksanaan proses pembelajaran blok dengan jumlah mahasiswa 279 orang, FKIK UNJA memiliki 7 ruangan tutorial berukuran 3x4 m2 yang dilengkapi dengan AC ruangan, meja, papan tulis, flip chart, dan 9 ruang keterampilan klinis berukuran 5x5 m2 dengan fasilitas satu tempat tidur pasien, satu AC, satu meja, satu lemari penyimpanan alat,  satu whiteboard. Dengan kondisi demikian, pengaturan jadwal pembelajaran diusahakan sedemikian rupa agar semua kegiatan tutorial dan keterampilan klinis dapat berjalan dengan baik walaupun terbatas. Oleh karena itu FKIK UNJA kedepan akan melengkapi kebutuhan ruangan tersebut.

    Adapun untuk fasilitas saat ini FKIK UNJA memiliki tiga ruangan laboratorium yaitu  satu laboratorium anatomi dan dua laboratorium biomedik dengan kelengkapan. Hal ini menunjukan perlunya penambahan dan pembenahan/renovasi laboratorium lebih lanjut disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan yang ada. Hal ini dikarenakan sarana fisik tersebut merupakan salah satu sarana pokok untuk menUNJAng kegiatan perkuliahan dengan metode PBL terutama untuk melaksanakan praktikum di FKIK UNJA.

    PSPD UNJA juga memiliki fasilitas perpustakaan yang dilengkapi satu unit komputer, dan koleksi perpustakaan memiliki 120 textbook, 32 jurnal, dua majalah, dan 494 buku ajar (Tabel 6).

Tabel 6. Profil Koleksi Perpustakaan

Referensi

Tahun Publikasi

TOTAL

5 tahun terakhir

Enam tahun terakhir

> 8 tahun

Judul

Jumlah

Judul

Jumlah

Judul

Jumlah

Judul

Jumlah

Text Books

37

75

18

19

22

26

77

120

Jurnal

15

29

1

3

1

1

16

32

Majalah

1

2

-

-

-

-

1

2

Buku Ajar

68

206

48

111

100

177

216

494

TOTAL

121

312

67

133

123

204

310

628

 

Salah satu usaha untuk memenuhi kebutuhan akan sumber pembelajaran disamping koleksi perpustakaan, maka PSPD UNJA melengkapinya dengan fasilitas komputer yang dilengkapi dengan internet dan fasilitas hot-spot dan jaringan internet broadband 2 Mb/s. Saat ini PSPD UNJA, memiliki satu ruangan komputer yang dilengkapi dengan 12 komputer dan lima hot-spot yang dikendalikan dari UPT Komputer Universitas Jambi. Dengan memanfaatkan global connectivity devices (internet), kegiatan Teleconference Global Distance Network yang difasilitasi oleh DIKTI telah dapat dilaksanakan. Untuk mendukung kecukupan dan kesesuaian sumber daya manusia pada sistem ini agar pemanfaatannya optimal, PSPD UNJA telah menugaskan dua orang tenaga teknisi untuk mengelola 5 hot spot. Diharapkan bahwa mahasiswa, dosen serta staf dapat mengakses internet dengan baik untuk mendapatkan informasi di bidang kedokteran. Selain itu PSPD UNJA juga merencanakan pengembangan on campus connectivity devices (intranet) untuk memperkuat sistem jaringan yang sudah ada. Namun demikian, fasilitas ini tidak dapat digunakan secara maksimal karena masih sering mengalami gangguan jaringan dan keterbatasan bandwith.

Sarana dan prasarana pada Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Jambi berupa empat ruang kelas di Kampus Mendalo. PSIK juga memiliki 1 ruang laboratorium, dan 1 ruang perpustakaan.

Dengan demikian, pembentukan FKIK UNJA diharapkan dapat memaksimalkan penggunaan sarana dan prasarana yang dimiliki PSPD dan PSIK yang diharapkan akan berdampak pada peningkatan:

  1. Efektifitas dan efisiensi pemanfaatan sumberdaya pendidikan tinggi yang ada;
  2. Kualitas layanan penyelenggaraan pendidikan tinggi; dan
  3. Kinerja penyelenggaraan pendidikan tinggi